6 Struktur Artikel Blog Yang SEO Friendly

6 Struktur Artikel Blog Yang SEO Friendly

6 Struktur Artikel Blog Yang SEO Friendly - Jika situs Anda muncul di halaman utama pencarian google, Anda akan mendapatkan lebih banyak trafik, klik, share, like, dan customer engagement. Jika tidak ada yang menemukan halaman Anda, bahkan artikel dengan tulisan terbaik pun tidak ada gunanya.

6 Struktur Artikel Blog Yang SEO Friendly


Memang tidaklah mudah. Ada banyak pemikiran dan kemungkinan yang digunakan untuk menulis konten SEO yang digjaya.


Namun setelah Anda mempelajari dasar-dasarnya dan memasukkannya ke dalam proses penulisan konten, akan mempermudah dalam setiap langkah menyusun artikel yang SEO Friendly. Sebelum kita mendapat Struktur Artikel Blog Yang dimaksud, kita harus melewati Tahapan penting Sebelum Menulis Artikel SEO Friendly

6 Struktur Artikel SEO Friendly


1. Post Title (Judul Posting) dan Meta Title (Judul Meta)

Pertama, Anda perlu memahami perbedaan antara judul posting dan judul meta.

    Title posting: Bagaimana pembaca melihat judul posting di situs web.
    Meta Title posting: Bagaimana mesin pencari menampilkan posting di hasil pencarian.

Jika Anda belum menentukan Meta Title dalam pengaturan SEO Anda, judul posting Anda akan diperlakukan sebagai Meta Title.

Meletakkan kata kunci (Keyword) tidak hanya penting didalam judul posting namun juga Penting untuk menyematkan kata kunci Anda di meta title.

Anda dapat membaca lebih lanjut tentang ini di sini: Cara Mengoptimalkan Judul Posting Untuk Pembaca Dan Mesin Pencari

Tip : Buat judul posting Anda kurang dari 66 karakter.

2. Meta Description

Deskripsi ini memainkan peran utama dalam peringkat mesin pencari. sebagai deskripsi singkat yang ditampilan dalam halaman pencarian untuk mengambarkan postingan blog anda.

Pikirkan deskripsi meta sebagai salinan penjualan untuk posting blog Anda:
 Buat Meta Description  Dalam 156 karakter, Tambahkan kata kunci didalamnya, buatlah deskripsi yang menggoda untuk pembaca agar-agar mengarahkan klik mereka menuju blog anda.

Dengan mengoptimalkan deskripsi meta posting, Anda memastikan bahwa setiap posting yang ditulis memiliki potensi untuk mengarahkan traffic ke situs Anda dalam jumlah maksimum.

Google melihat setiap posting blog sebagai halaman web yang berbeda sehingga Anda dapat memberi peringkat setiap posting untuk kata kunci tertentu.


3. Alt Text Gambar

Google atau search engine lain tidak dapat membaca gambar, mereka hanya membaca gambar melalui "Alt Text" sebagai atribut.

Alt Text adalah cara Google mengenali gambar.

Untuk memastikan bahwa mesin pencari dapat memahami tentang sebuah gambar, Anda harus menggunakan nama gambar yang tepat.

Banyak orang melakukan kesalahan dengan mengupload gambar dengan nama seperti image001.jpg atau memberi nama seadanya saja.

    Ini adalah kesalahan besar!

Saat menamai gambar, sematkanlah kata kunci namun pertahankan agar nama tetap relevan dengan gambar itu sendiri.

Anda dapat membaca lebih lanjut tentang Optimasi image di sini: Optimasi gambar untuk Menerapkan Teknik SEO yang lebih baik


4. inbound link dan Anchor Text

Saat menulis postingan baru, selalu ada baiknya untuk menautkan kembali ke postingan blog lama sehingga pembaca akan bertahan di situs Anda lebih lama dan juga agar mesin telusur dapat merayapi kembali postingan lama ini.


Inbound link adalah link yang mengarah pada tautan didalam blog anda sendiri, sedangkan outbound link link yang menuju keluar pada website lain.

Ini membantu dalam navigasi situs Anda yang lebih baik yang mengurangi rasio pentalan (Bounce Rate) - faktor SEO penting lainnya.

Saat membuat inbound link, Anda harus menggunakan teknik  anchor text.

Pastikan untuk mengisi judul postingan dengan kata kunci utama postingan yang Anda tautkan.

Salah satu cara mesin pencari memberi peringkat pada konten adalah dengan jumlah tautan balik yang mereka dapatkan. Konten yang bagus cenderung mendapatkan banyak backlink - baik eksternal maupun internal.

Jika Anda ingin mengarahkan lalu lintas dan memberi peringkat konten lama Anda lebih tinggi, Anda tidak boleh lupa untuk menautkannya dari artikel yang baru.


5. Permalink

Permalink adalah alamat URL lengkap yang Anda lihat - dan gunakan - untuk setiap posting, halaman, atau konten lain di situs Anda. 


Contoh : 'https://www.domain-anda.com/category/post-name'


Kata-kata seperti "a" "an" "dan" atau kata-kata singkat lainnya akan diabaikan oleh google, oleh karenanya usahakan untuk tidak memakai dari kata tersebut.

Jangan lupa untuk menaruh kata kunci anda didalam permalink setiap postingan blog

Catatan Penting: Jangan pernah mengubah Permalink  / tautan permanen posting Anda setelah posting diterbitkan.


6. Judul H1, H2, H3

Menggunakan tag heading yang tepat adalah aspek penting lainnya dari Teknik penulisan Artikel SEO Friendly.

Anda tidak boleh mengabaikan salah satu aspek terpenting SEO: Yaitu Menggunakan tag heading H1, H2, dan H3 yang tepat.

Secara default, dalam tema yang dioptimalkan untuk SEO, judul postingan menggunakan tag heading H1. Jadi untuk sub-heading berikutnya, Anda dapat menggunakan heading H2, kemudian heading H3, dan seterusnya.

ide yang baik untuk menggunakan tag heading yang tepat untuk penulisan SEO yang efektif, terutama saat Anda menulis postingan yang panjang.

Menurut komunitas SEO, ada baiknya menggunakan kata kunci Anda dalam tag H1, H2, dan H3. Pada saat membuat garis besar Anda (Dalam tahap penelitian), Anda harus memutuskan apa tag heading Anda seharusnya.