Cara Menggunakan Magic Wand Tool di Photoshop

Cara Menggunakan Magic Wand Tool di Photoshop

Cara Menggunakan Magic Wand Tool di Photoshop - Magic Wand adalah alat seleksi. Cara cepat memilih area gambar yang diinginkan dan melakukan proses editing pada hasil seleksi. paling sering digunakan untuk memilih background yang solid dan area warna.  Biasanya kita kesulitan pada background gradient/gradasi atau yang buram/blur

Cara Menggunakan Magic Wand Tool di Photoshop


Anda juga dapat menukar latar belakang dalam foto tanpa memindahkan atau mengubah subjek gambar. Ini sangat berguna untuk fotografi produk atau jepretan e-commerce.

Tidak seperti alat Seleksi biasa, Magic Wand memilih piksel berdasarkan kesamaan warna dan nada pada gambar. Daripada mencari batas yang berbeda,  Magic Wand mencari kanvas untuk warna serupa untuk membuat pilihannya.

Klik pada bagian gambar Anda dengan alat Magic Wand. Photoshop akan mencocokkan piksel dengan piksel dari bagian lain dari gambar yang dianggap cocok. Anda dapat menggunakan  Options untuk memperhalus.


Magic Wand Tool Options

Tolerance Level


Tolerance Level digunakan untuk meningkatkan atau menurunkan sensitivitas nilai luminansi warna tertentu. Semakin tinggi angkanya, semakin tinggi kisaran nilai luminansi yang akan disertakan dalam seleksi.

Standarnya ditetapkan pada 32, tetapi Anda dapat mencapai setinggi 255.

Misalnya, jika Anda memilih nilai 50, berarti Photoshop akan memilih nilai luminansi 50 corak lebih terang dan lebih gelap dari pada area yang Anda klik.

Ubah pilihan ini menjadi 100, dan nilainya akan digandakan 2x.

Jika Anda hanya ingin memilih nilai nada yang tepat yang telah Anda klik, Anda dapat memilih 0 untuk nilai Toleransi. 


Magic Wand Tool Options Tolerance Level
 

Contiguous

Contiguous memilih apakah piksel yang dipilih bersebelahan satu sama lain. Ini memungkinkan Anda untuk membatasi pilihan ke area tertentu, atau untuk memilih banyak area di seluruh gambar dengan satu klik.

Panah merah menunjuk ke pilihan Bersebelahan pada bilah opsi Photoshop

Magic Wand Tool Options Contiguous


Anti-Alias

Saat Anda memilih anti-alias, Photoshop akan memperhalus tepi pilihan Anda. Ini memperhalus transisi warna antara pemilihan dan bagian foto lainnya. Ini adalah opsi yang berfungsi dengan alat seleksi lain yang tersedia di Photoshop juga. Itu membuat pilihan tampak realistis yang menyatu dengan mulus.

Magic Wand Tool Options Anti-Alias



Cara Menggunakan Magic Wand Tool untuk Membuat Pilihan Berdasarkan Warna


Alat ini sangat berguna untuk gambar yang memiliki latar belakang berwarna secara konsisten. Anda juga dapat menggunakannya untuk gambar yang memiliki banyak representasi nada tertentu.

Pada gambar di bawah, saya ingin mengubah latar belakang untuk sesuatu yang lebih hidup dan dramatis. Saya ingin warna yang kontras dengan bunganya.

Foto close-up bunga merah muda

Untuk menggunakan alat Magic Wand, pilih dari toolbar alat Photoshop. Anda dapat menemukannya di bawah Quick Selection Tool. Anda juga dapat menekan W untuk pintasan.

Magic Wand Tool di Photoshop

 

Klik pada area untuk memilih warna sampel.

Pada panel opsi, pilih pengaturan untuk Tolerance, Contiguous, dan Anti Alias.

Klik warna pada gambar untuk membuat pilihan.

Pilih » Sample All Layers jika ingin memilih warna yang sama pada semua layer yang terlihat. Hapus centang jika ingin mengambil sampel dari lapisan saat ini saja.

Dalam gambar bunga aster, Magic Wand melakukan pekerjaan yang cukup baik dalam memilih area yang akan diubah, yang ditandai dengan "semut yang berbaris". Semua yang ada di dalam area ini akan diikutsertakan dalam pemilihan.

Menggunakan Magic Wand Tool di Photoshop


 

Pilihan ini dapat disempurnakan lebih lanjut dengan menahan tombol » Alt / Option (penambahan) atau » tombol Shift (kurangi) dan menyeret pilihan.

Setelah Anda membuat pilihan, tekan » Ctrl / Cmd + D untuk membatalkan pilihan dan menyesuaikan level Toleransi.

Sekali lagi, jika Anda meningkatkan Toleransi, Photoshop akan memilih rentang warna yang jauh lebih luas. Setiap area yang mungkin terlewatkan dalam pemilihan awal Anda sekarang akan disertakan. Selain itu, jika Anda mengaktifkan Bersebelahan, Photoshop hanya akan memilih dari area yang terhubung.

Untuk gambar daisy, level Toleransi yang sesuai adalah 100.

Setelah Anda membuat pilihan, tekan Ctrl / Command + J untuk membuat salinan lapisan. Ini akan memberi saya layer dengan latar belakang transparan, menunjukkan kepada saya apa yang akan diganti.

hasil Magic Wand Tool di Photoshop



Setelah Anda melakukannya, Anda akan membutuhkan lapisan lain untuk warna latar belakang. Pergi ke sisi kanan bawah ruang kerja Anda dan pilih ikon untuk Buat Layer Baru.

Photoshop new layer

 

Tarik lapisan ini ke bawah lapisan transparan.

Untuk memilih warna latar belakang, buka » Edit lalu pilih » Isi. Pastikan Anda memilih Warna dari menu. Ini akan memunculkan pemilih warna yang memungkinkan Anda memilih warna yang tepat yang ingin Anda gunakan sebagai latar belakang.

Tekan » Ok untuk menambahkan warna isian ini ke background.
 

Photoshop fill layer
 

Photoshop layer
 


langkah tepatnya adalah sebagai berikut:

  • Tentukan pilihan dengan Magic Wand Tool. Saring seleksi seperlunya menggunakan » Alt / Opt atau » Shift.
  • Buat layer baru dengan menekan Ctrl / Command + J
  • Buat layer baru untuk membuat layer "isi" yang terpisah.
  • Seret lapisan itu ke bawah lapisan transparan.
  • Pergi ke » Edit. Pilih » Isi
  • Klik Warna
  • Pilih warna yang Anda inginkan di latar belakang dengan Color Picker
  • Tekan » OK


Foto dapat berbicara. Dan jika anda mempunyai banyak waktu luang, ini adalah kegiatan yang sangat berguna dengan berlatih Cara Menggunakan Magic Wand Tool di Photoshop.