5 Cara Mengatasi Lupa Password, Pin, atau screenlock di HP Android

5 Cara Mengatasi Lupa Password, Pin, atau screenlock di HP Android

Jika Anda lupa pola screenlock, PIN, atau kata sandi yang mengunci perangkat HP Android, Mungkin anda mengalami hari yang sial dengan melupakan screenlock HP hingga seperti tidak lagi bisa membukanya. Dengan cara yang biasa memang membuka screenlock ini sulit untuk dipecahkan, tapi tidaklah mustahil.

7 Cara Mengatasi Lupa Password, Pin, atau screenlock di HP Android


Ada beberapa cara berbeda untuk meretas HP atau tablet Android yang terkunci, tetapi sayangnya, tidak ada yang sesederhana menggunakan USB peretas kata sandi untuk Windows.


Jadi di bawah ini, 7 metode paling efektif, dan mudah-mudahan salah satu akan membantu pada perangkat Android Anda.



Metode 1 : Gunakan Find My Device / Temukan Perangkat Saya

Untuk sebagian besar ponsel dan tablet Android, layanan internal bernama "Temukan Perangkat Saya / Find My Device" adalah pilihan terbaik. Selama Anda bisa masuk ke akun Google, Anda dapat menggunakan perangkat atau komputer apa pun untuk mengakses layanan, yang tersedia di tautan ini.
 

Berdasar uji coba, cara ini tidak berfungsi baik pada android 8.0 keatas.


jika Anda lupa pin, sandi, atau pola perangkat Anda, pertama-tama, Anda perlu memastikan bahwa Anda telah masuk dengan akun Google yang sama dengan yang Anda gunakan di ponsel. Dan Anda dapat melakukan cara ini di ponsel lain atau desktop.

Setelah menemukan HP Android Anda, tekan tombol "kunci". Kemudian, Anda akan diminta memasukkan kata sandi baru, yang akan menggantikan pin, kata sandi, atau pola yang tersimpan di perangkat Anda (Yang lupa passwordnya). 


Ketik kata sandi baru dua kali untuk membuat yang baru, dan sekali lagi, klik tombol kunci. Diperlukan beberapa saat untuk mengubah kata sandi, setelah itu Anda akan dapat masuk ke perangkat Android Anda dengan bantuan kata sandi yang baru saja dibuat.

Gunakan Layanan 'Temukan Seluler Saya' dari Samsung

Jika Anda memiliki perangkat Samsung, layanan serupa yang disebut Find My Mobile harus menjadi hal pertama yang Anda coba. Mulailah dengan menuju ke tautan ini dari browser web apa pun, lalu masuk ke akun Samsung Anda. Sayangnya, jika Anda tidak pernah membuat akun Samsung, metode ini tidak akan berfungsi. Selain itu, beberapa operator, seperti Sprint, mengunci layanan ini, yang harus terus dicari.

Setelah Anda masuk ke akun Samsung Anda, klik tombol "Lock my screen" di panel sebelah kiri. Dari sini, masukkan PIN baru di bidang pertama, lalu klik tombol "Kunci" di dekat bagian bawah layar. 

Dalam satu atau dua menit, kata sandi layar kunci Anda harus diubah menjadi PIN yang baru saja Anda masukkan, yang dapat Anda gunakan untuk membuka kunci perangkat Anda.

Metode 2 : Gunakan Fitur 'Lupa Pola'

Jika perangkat Anda menjalankan Android 4.4 atau kebawah, coba gunakan fitur "Lupa Pola". Setelah 5 kali gagal membuka kunci, Anda akan melihat pesan yang berbunyi "Coba lagi dalam 30 detik". Saat pesan ini muncul, ketuk tombol di bagian bawah layar yang bertuliskan "Lupa Pola".

Dari sini, pilih "Masukkan detail akun Google" (tergantung perangkat Anda, Anda dapat langsung membuka opsi ini), lalu masukkan akun Gmail utama dan kata sandi Anda. Google akan mengirimi Anda email dengan pola buka kunci Anda, atau Anda dapat mengubahnya saat itu juga.

Metode 3 :  Lakukan Reset

Metode ini akan menghapus seluruh data yang ada di HP android anda, kembali pada settingan awal seperti ketika baru membeli.

Proses Reset bervariasi tergantung pada jenis perangkat Android Anda, tetapi kebanyakan ponsel, memulai dengan mematikan perangkat android. Setelah mati, tekan dan tahan tombol volume bawah dan tombol power secara bersamaan, yang akan menampilkan menu bootloader Android. Dari sini, tekan tombol volume turun untuk memilih opsi  "Wipe data/factory reset" , lalu tekan tombol power untuk memilihnya. 

factory reset lupa password
 


Ketika prosesnya selesai, pilih opsi "Reboot system now" dan instalasi baru dimulai dan masalah terkunci telah hilang bersama data anda yang dihapus seluruhnya.


Jika ini ponsel yang lebih baru, Anda akan diminta untuk masuk dengan akun Google dan kata sandi yang sebelumnya digunakan pada perangkat sebelum disetel ulang. Selama Anda mengetahui informasi ini,  Anda dapat mendapatkan kembali akses ke telepon Anda pada saat ini.

Metode 4 : Gunakan ADB untuk Menghapus File Kata Sandi

Opsi ini hanya akan berfungsi jika sebelumnya Anda telah mengaktifkan USB debugging di ponsel, Anda dapat menggunakan PC Anda untuk menghapus file kata sandi menggunakan perintah ADB. Untuk melakukannya:

  1. Hubungkan telepon Anda ke PC menggunakan kabel USB.
  2. Unduh alat ADB dan Fastboot di PC Anda.
  3. Buka prompt perintah di folder yang sama tempat Anda mengekstrak konten alat ADB dan Fastboot.
  4. Ketik adb shell rm /data/system/gesture.key dan tekan Enter.

Gunakan ADB untuk Menghapus File Kata Sandi

 

  • Nyalakan ulang ponsel Anda.
  • Layar kunci Anda sekarang akan dihapus.


Anda dapat mengatur kata sandi, pin, atau pola baru, sehingga memberi Anda akses ke perangkat Anda yang terkunci.

Metode 5 : Boot ke Safe Mode (Lockscreen aplikasi)

Jika layar kunci merupakan aplikasi pihak ketiga dan bukan lockscreen bawaan aslinya, boot ke Safe Mode  adalah cara termudah untuk mengatasinya.

Untuk sebagian besar ponsel, Anda dapat melakukan booting ke Safe Mode  dengan membuka menu daya dari lockscreen , lalu tekan agak lama tombol "power". Dari sini, pilih "OK" saat ditanya apakah Anda ingin boot ke Safe Mode , dan saat proses selesai, aplikasi layar kunci pihak ketiga Anda akan dinonaktifkan untuk sementara.

Dari sini, cukup hapus data pada aplikasi layar kunci pihak ketiga atau hapus instalannya, lalu reboot ponsel Anda untuk keluar dari Safe Mode . Saat normal lagi, aplikasi lockscreen  yang merepotkan telah hilang.