Panduan Riset Keyword untuk Optimasi SEO

Panduan Riset Keyword untuk Optimasi SEO

Gunakan keyword yang tepat dan Anda akan mendapatkan lebih banyak traffic pengunjung dari mesin pencari…

Panduan Riset Kata Kunci untuk Optimasi SEO


Optimalkan keyword situs web Anda dan Anda akan mencapai tujuan bisnis Anda…

Berapa kali Anda mendapatkan nasihat seperti itu dalam menjalankan bisnis? Mungkin banyak.

Itu karena riset keyword adalah hal pertama yang harus Anda pelajari saat ingin mengembangkan bisnis online menggunakan optimasi search engine/ mesin telusur.

Kebanyakan orang dan para penggiat SEO mengetahui, betapa bermanfaatnya riset kata kunci bagi pelaku bisnis online, atau bagi yang mengharap datangnya traffic pengunjung.


Riset Keyword

panduan ini akan membantu Anda memahami setiap aspek tentang:

  • Apa itu riset keyword?
  • Apa pentingnya riset keyword?
  • Bagaimana riset keyword dapat bermanfaat bagi Anda?
  • Bagaimana cara melakukan riset keyword?


Mari kita mulai dari dasar-dasarnya…

Pengertian Riset keyword

Riset keyword adalah proses menemukan kata kunci yang akan mengarahkan lalu lintas bertarget ke situs kita. Sebagian besar, hal ini dilakukan dengan mengidentifikasi bagaimana pengguna target Anda menemukan situs web yang diinginkan.

Bila disederhanakan,
ketika seseorang mencari solusi untuk setiap masalah, orang tersebut menggunakan mesin pencari seperti "Google" atau "Duckduckgo" untuk menemukan jawabannya.

Setiap orang berharap mesin pencari dapat memberikan solusi yang terpasang dihalaman pertama pencarian, yang juga dikenal sebagai SERP (Search Engine Result Page/Halaman hasil mesin pencari).

Riset keyword membantu untuk mengidentifikasi "frasa", "kata", "kueri", yang diminta pembaca menggunakan mesin pencari.

Sebagai bisnis atau bahkan blog, ketika kita mengetahui pertanyaan apa yang diminta pengguna (pembaca) melalui mesin pencari, kita dapat mengoptimalkan atau membuat halaman baru, membantu pengguna menemukan jawabannya, dan menggunakan lalu lintas itu untuk mengembangkan bisnis kita.

Atau, dengan menggunakan keyword (kueri) yang sama, Anda juga dapat menjalankan iklan PPC di platform seperti iklan Google atau iklan Facebook, untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda atau klien Anda.

Secara teknis;
Tujuan riset keyword adalah untuk menemukan "topik", "ide", dan menetapkan nilai bisnis melalui riset, yang biasanya digunakan oleh pembaca target Anda. 

Cara lain untuk mengetahui riset Kata Kunci adalah: Cara ini membantu Anda menemukan pertanyaan dan kueri yang ditanyakan pelanggan target Anda di web, dan memberi Anda keuntungan untuk berbicara dalam bahasa yang dipahami pelanggan Anda.



Mari kita pahami ini dengan sebuah contoh:

Contoh sederhananya adalah, misalkan seorang Bapak ingin membelikan kereta bayi untuk anaknya. Dia menggunakan kueri "Kereta dorong bayi terbaik" di penelusuran Google, untuk menemukan pilihan terbaik. Sesuatu seperti ini…

Panduan Riset Kata Kunci dengan google

 

Karena penelusuran Google itu cerdas, maka secara otomatis menampilkan banyak kueri yang sering digunakan untuk membantu sang bapak mengajukan pertanyaan yang tepat.

Sekarang, tergantung pada bapak tadi, dan pemahamannya, dia tetap pada permintaannya, atau mungkin memilih salah satu yang disarankan oleh Google.

Mesin pencari menyimpan catatan berapa kali kueri ini diminta oleh jutaan pengguna di seluruh dunia.

Proses riset kata kunci menunjukkan kueri paling populer, sesuai dengan lokasi geografis, dan berapa kali kueri tersebut ditanyakan dalam waktu tertentu (misal: 30 hari).

Seharusnya, sebagai pemilik bisnis, statistik ini akan membantu Anda memahami pertanyaan mana yang harus Anda jawab di situs web Anda, untuk merespon dan membantu pengguna menemukan situs web Anda, beserta solusinya.

Solusi ini pada akhirnya membantu pemilik untuk mengarahkan lalu lintas yang lebih bertarget dari mesin pencari, yang diubah menjadi penjualan langsung, penjualan iklan, atau bahkan sebagai penjualan afiliasi.

Nah, inilah cara riset kata kunci berperan.

Dengan sedikit persiapan riset kata kunci dan Proses optimasi kata kunci untuk mesin pencari yang disebut "OnPage SEO", Anda dapat mengarahkan lalu lintas yang signifikan ke blog atau bisnis Anda dan karenanya kerja keras Anda sebanding dengan yang dikeluarkan.


Mari kita pahami ini dengan sebuah contoh ...

Sebelumnya saya berbicara tentang seorang bapak yang ingin membeli "Kereta Dorong" untuk putranya. Sekarang, mari kita asumsikan Anda adalah pelaku bisnis yang menjual kereta dorong bayi. 


Dengan menggunakan tool riset kata kunci, kami dapat menemukan data seperti kata kunci "Juga dikenal sebagai kueri, pertanyaan, istilah penelusuran" yang mengacu pada mesin pencari untuk menemukan solusi.


Hasil berikut ini adalah dari alat yang disebut "SEMrush", yang menunjukkan kueri serupa dengan banyak data seperti yang ditunjukkan di bawah ini: 

 



Mari kita coba memahami apa yang terjadi pada gambar ini. 

  1. Keyword/Kata kunci: kueri yang diminta pengguna untuk menemukan kereta dorong bayi. Saat melakukan SEO, inilah frase yang kita “targetkan”, sehingga sering kita sebut dengan “kata kunci target” atau “Kata kunci fokus”.

  2. Volume: Bagian ini menunjukkanberapa banyak orang yang menelusuri kata kunci tertentu pada bulan tertentu. Ini adalah metrik yang sangat penting karena meskipun Anda menganggap istilah penelusuran akan populer, data penelusuran akan memberi tahu Anda sebaliknya. Pada contoh di atas, Anda dapat melihat dua kata kunci serupa yang memiliki perbedaan besar dalam volume pencarian bulanan:
    • Kereta dorong bayi : 6600 pencarian / bulan
    • Harga Kereta dorong bayi : 2900 pencarian / bulan

  3. Trend: Yang satu ini membantu Anda melihat apakah tren kata kunci naik (lebih banyak orang yang menelusuri) atau turun (lebih sedikit orang yang menelusuri). Misalnya, iPhone 11 Pro bisa menjadi istilah populer di 2019-2020, tetapi saat iPhone baru dirilis, istilah ini akan kehilangan nilainya.

  4. Keyword difficulty : Bisa diartikan sebagai Tingkat Kesulitan kata kunci, Ini adalah metrik penting yang membantu Anda memahami, seberapa sulit atau mudahnya menentukan peringkat untuk kata kunci target di halaman pertama Google. Alat-alat ini, membandingkan semua halaman peringkat yang ada untuk hal-hal seperti "SEO On page", "Profil backlink", "otoritas domain" dan beberapa lainnya, untuk menentukan peringkat kueri tersebut. Semakin rendah peringkatnya, semakin mudah untuk diberi peringkat.


Seperti ini, ada banyak matriks yang akan Anda peroleh ketika Anda mulai dengan riset Kata Kunci. Singkatnya, penelitian kata kunci membantu membuat keputusan berdasarkan data. Jika Anda tidak sadar, data diatas adalah pelancar anda.

Sebelum kita melanjutkan,

Bacalah panduan sebelumnya tentang perbedaan antara kata kunci SEO dan kueri, ini akan membantu Anda membuat pola pikir yang lebih baik untuk penelitian kata kunci.



Selanjutnya, mari kita lihat manfaat dari pengarsipan ulang kata kunci.

Apa Pentingnya Riset Kata Kunci?

Tidak semua kata kunci sama, dan mari kita coba mengukurnya. Proses riset Kata Kunci dapat membantu bisnis Anda (Blog, e-niaga, layanan, atau lainnya) dengan cara-cara berikut:

  • Riset kata kunci membantu Anda memahami bahasa yang digunakan oleh audien target Anda di mesin pencari. Kami biasanya menggunakan pencarian Google sebagai awal, karena ini adalah mesin pencari terbesar.


  • Riset kata kunci membantu Anda menemukan kueri yang belum dimanfaatkan, yang secara langsung dapat membantu Anda mendapatkan pelanggan berbayar dari penelusuran organik seperti penelusuran Google, Baidu, dan lainnya.


  • Pemirsa yang terlibat: Pengguna yang butuh (siap untuk membeli), dan Anda akan mendapatkan keterlibatan tinggi dalam bentuk komentar, berbagi, atau bahkan penjualan produk.


  • Tren pasar dan pelanggan: Secara berkala, melakukan penelitian kata kunci akan membantu Anda memahami ke arah mana pasar dan pelanggan mengarah.


  • Keunggulan kompetitif: Memasukkan kata kunci dan SEO sebelum pesaing Anda, akan memberi Anda keuntungan yang solid. Jika dilakukan dengan benar, di ceruk yang tidak terlalu ramai, ini bisa membantu Anda mendapatkan banyak tautan balik sebagai keuntungan penggerak pertama.


  • Mengurangi Biaya PPC: Kata Kunci SEO akan membantu Anda mengarahkan lalu lintas tersebut secara gratis, yang biasanya dibayar oleh bisnis dalam bentuk PPC. Peringkat organik semacam itu dapat secara signifikan mengurangi biaya pemasaran digital bisnis Anda.


  • Lebih banyak Pendapatan iklan: Pemasar dan blogger yang mengandalkan pendapatan dari Google AdSense atau Media.net, mereka dapat menggunakan penelitian Kata Kunci untuk menemukan kata kunci BPK tinggi dan dengan demikian meningkatkan pendapatan iklan mereka secara signifikan, dengan upaya yang sama.


Masih banyak lagi keuntungan dari riset Kata Kunci, beberapa di atas adalah yang utama.

Berikut fakta yang kurang diketahui tentang penelitian Kata Kunci:

Banyak orang salah mengira penelitian kata kunci sebagai proses menemukan hanya kata kunci volume tinggi, padahal sebenarnya tidak.

Tugas Anda sebagai SEO adalah menghapus kata kunci yang tidak akan menguntungkan bisnis Anda dengan cara apa pun. Selain itu, setelah menemukan kata kunci yang menguntungkan, Anda juga akan mempelajari bagaimana Anda memprioritaskannya untuk keuntungan maksimal dalam rentang waktu yang lebih singkat.

Sekarang, saya tidak akan menjelaskan secara detail tentang bagaimana Anda harus menargetkannya, tetapi jika Anda penasaran, Anda harus membaca dua panduan ini:

  • Bagaimana menulis konten yang SEO Friendly
  • Panduan SEO On Page - panduan yang Anda butuhkan


Hal yang baik tentang keterampilan penelitian kata kunci adalah, setelah Anda mempraktikkannya, hal ini akan terus menjadi lebih baik.

Sekarang saatnya masuk ke bidang teknis Riset Keyword.

Jenis Kata Kunci berdasarkan user intent (Maksud Pengguna)

Melanjutkan contoh sebelumnya “Kereta dorong bayi”, orang tua dapat mengajukan pertanyaan ini dengan maksud yang berbeda. Sebagai contoh:

  • Pembaca dapat bertanya untuk memahami cara memilih kereta dorong bayi.
  • Pembac hanya ingin tahu kereta dorong bayi nomor 1 di jaman sekarang.
  • Pembaca yang akan membeli kereta dorong bayi terbaik sekarang juga.
  • Pembaca dapat menggunakan kueri ini untuk penelitiannya.


Apakah Anda melihat, bagaimana kueri yang sama mempunyai arti berbeda ketika digunakan untuk tujuan yang berbeda. Inilah yang dikenal sebagai user intent.


Intinya, Kata Kunci dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis, berdasarkan user intent/maksud pengguna.


Ini adalah 4 tipe yang paling umum:

  •     Kata kunci komersial
  •     Kata kunci transaksional
  •     Kata Kunci Informasi
  •     Kata Kunci Navigasi






4 jenis ini menentukan, kata kunci mana yang secara langsung akan memengaruhi pendapatan Anda. Hal ini juga terkait erat dengan sales funnel (TOFU, MOFU, BOFU).

Kata kunci juga dapat dikategorikan berdasar pada jumlah kata, seperti…


Jumlah kata:

  • Short tail Keywords a.k.a Head Keywords: (Misal: Kereta dorong bayi)
  • Long-tail keyword. (Contoh: Kereta dorong bayi terbaik di Indonesia)



Apa yang Anda perlukan untuk riset keyword?

Anda memerlukan hal-hal berikut untuk melakukan riset keyword:

  • Tools (gratis atau berbayar) untuk meneliti keyword
  • Daftar kata rujukan atau daftar situs kompetitor.
  • Menggunakan kata-kata untuk membuat daftar kata kunci SEO atau menggunakan situs web kompetitif untuk menemukan kata kunci yang menguntungkan
  • Sebuah dokumen Excel untuk Menyeleksi keyword utama.
  • Sistem untuk mendelegasikan kata kunci akhir untuk produksi (Membuat artikel blog, eBook, konten video, halaman produk)
  • Mengukur peringkat menggunakan alat pelacak peringkat kata kunci.




Setelah Anda memasukkan penelitian kata kunci sebagai proses pemasaran bisnis Anda, hal ini dapat membantu Anda berkembang dan tumbuh secara alami.


Mendefinisikan langkah-langkah Riset keyword sebagai berikut:

  •     Riset
  •     Membersihkan dan Menyeleksi
  •     Jalankan / Delegasi
  •     Monitor
  •     Optimalkan


5 langkah ini akan mencakup semua aspek Riset Keyword.


Sekarang, saya yakin Anda dan saya berada di halaman yang sama, dan inilah waktunya untuk belajar bagaimana melakukan penelitian kata kunci.

3 Cara untuk melakukan Riset Keyword:

Ada berbagai teknik yang bisa Anda ikuti untuk meneliti Kata Kunci SEO. Mari kita lihat beberapa yang paling populer sekali, yang dapat dijalankan bahkan oleh seorang pemula.

1. Temukan kompetitor untuk kata kunci situs teratas:

Cara ini mungkin cara singkat untuk menemukan kata kunci yang sudah berfungsi untuk situs web yang ada. Dalam proses ini, identifikasikan 2-3 situs web yang merupakan teratas di tema yang  ditargetkan. Misalnya: "Kereta dorong bayi terbaik"

Hasil Pencarian Google telah menunjukkan hasil dari 3 situs web teratas ini. Anda dapat mengulangi proses untuk kata kunci target Anda, dan setelah Anda mengidentifikasi 3-4 situs web pemenang teratas, buka SEMRush, yang merupakan tool Riset Keyword.

Buat akun SEMrush gratis di sini


Di dasbor SEMRush, masukkan nama domain yang Anda identifikasi dari pencarian Google dan gunakan untuk menemukan kata kunci yang diperingkat domain tersebut.



SEMRush akan menunjukkan kepada Anda semua detail penting seperti:





  • Kata kunci mana yang mengarahkan lalu lintas maksimum ke situs web tertentu
  • Volume,% traffic, KD, Posisi kata kunci
  • Halaman mana di situs web yang mendapatkan lalu lintas untuk kata kunci mana


SEMrush juga memberi Anda opsi untuk memfilter kata kunci berdasarkan berbagai faktor. 



Dan seperti ini, dalam beberapa menit Anda telah menemukan kotak Pandora kata kunci yang menguntungkan untuk bisnis Anda.

2. Menggunakan Keyword GAP untuk menemukan kemenangan

Ini adalah salah satu teknik penelitian Kata Kunci yang kurang dimanfaatkan yang dapat membantu Anda menemukan kata kunci yang diperingkat oleh kompetitor Anda, tetapi Anda tidak melakukannya. Sayang sekali bila metode yang menguntungkan ini bila tidak digunakan.



Untuk memahami metode ini, baca panduan tentang Analisis Keyword GAP - Metode dan tool yang digunakan.

3. Menggunakan Seed Words untuk meneliti Kata Kunci

Cara ini banyak dikesampingkan untuk situs web baru dan yang sudah ada. karena cara Ini lebih memakan waktu daripada kedua metode di atas, tetapi cara ini akan membantu Anda menemukan kata kunci unik yang tidak ditargetkan oleh siapa pun.


Anda dapat menggunakan metode ini dengan menggunakan dan tool Riset Keyword  atau bahkan tool long tail keyword.

Gunakan SEMRush untuk lebih memahami metode ini.



  • Kunjungi SEMrush
  • Klik pada Keyword Magic Tool



Panduan Riset Kata Kunci dengan semrush



Masukkan kata kunci Anda dan pilih negara utama yang ditargetkan.


Sekarang, klik Pencarian dan dalam beberapa detik, SEMRush akan menghasilkan banyak kata kunci dari kata kunci Anda.


Anda dapat memfilter kata kunci berdasarkan berbagai parameter seperti:

  • Exact match / Pencocokan yang sesuai akan menyertakan pencocokan tepat dari frasa 'kereta dorong bayi' dengan urutan kata yang sama. Jadi Anda akan mendapatkan 'beli kereta dorong bayi', 'tempat membeli kereta dorong bayi', 'beli kereta dorong bayi di Jakarta', dll.
  • Broad match / Pencocokan lebih luas akan mencakup semua bentuk kata 'beli' dan 'baru' dan akan menyarankan variasi urutan kata. Jadi, Anda akan mendapatkan semua kata kunci dari Exact match plus ‘‘ beli kereta dorong bayi terbaru ’,‘ beli kereta dorong bayi baru ’,‘ beli kereta dorong bayi terbaru di Bandung ’, dll.
  • Phrase Match / Pencocokan Frasa
  • Related Keywords / Kata Kunci Terkait




Anda dapat melakukan hal yang sama menggunakan tool keyword planner Google (GKP), gratis. Satu-satunya tujuannya adalah, alat perencana kata kunci oleh Google dibuat untuk PPC dan tidak sangat ramah untuk penelitian kata kunci SEO. Namun, bagi yang berbudget minim, alat perencana kata kunci oleh Google layak dicoba dan digunakan.



Catatan: Dalam panduan ini, kami menggunakan SEMrush, untuk dijadikan sebagai contoh. Namun, Anda dapat menggunakan alat serupa seperti KWFinder, keywordrevealer dengan prinsip yang sama.



Langkah-langkah di atas, akan membantu menemukan kata kunci utama. Setelah Anda memiliki bagian data penting, Kita perlu menyusun skema berikut :

  • Buat cluster kata kunci serupa
  • Buat rencana SEO seperti membuat konten atau halaman produk baru, struktur situs web
  • Mengukurnya, dan mengoptimalkannya.



Saya harap panduan ini membantu Anda memahami apa itu Riset Keyword / riset kata kunci, dan bagaimana Anda dapat melakukan Riset Keyword untuk bersaing dengan para kompetitor anda.