9 Langkah Menulis Artikel Yang Unik

9 Langkah Menulis Artikel Yang Unik

 Salah satu syarat utama sukses sebuah website atau blog, adalah artikel yang unik dan bermanfaat bagi pembacanya. Tentu tidaklah mudah melahirkan karya tersebut, karena terdapat beberapa prosesi yang perlu dijalani.

 

Berikut 9 tips dan langkah untuk menulis artikel yang unik

1. Hapus Batasan Pada Topik

Kurangi subjek Anda menjadi satu kata inti dan kemudian lakukan brainstorming di sekitarnya. Misalnya, jika Anda mencoba menulis tentang "Keterampilan Belajar", perluas pemikiran Anda ke "Sekolah". Sekarang tuliskan semua yang terlintas dalam pikiran ketika Anda berpikir tentang Sekolah, dan ketika Anda kehabisan ide, mulailah bertanya pada diri sendiri pertanyaan terbuka seputar subjek dan catat jawaban Anda.



Contoh:

  • Apa yang saya nikmati dari sekolah?
  • Apa yang membuatku takut?
  • Apa yang saya harap saya ketahui dari Hari 1?


Ini akan membantu Anda kembali ke pola pikir seseorang yang berkutat tentang masalah sekolah.



2. Kembali pada fokus Utama


Setelah Anda mulai memahami perasaan umum permasalahan pembaca, biarkan pikiran Anda kembali fokus pada topik awal, "Keterampilan Belajar". Dari perspektif baru yang lahir, pertanyaan apa yang akan diajukan? Apa yang ingin Anda ketahui? Apakah ini benar-benar masalah "Belajar" atau lebih tentang Manajemen Waktu atau bisa bekerja tanpa gangguan atau tak berdaya karena takut tidak berhasil?



3. Jadilah audiens Anda

Tulis setiap pertanyaan pada selembar kertas terpisah; jangan berhenti sampai Anda memiliki setidaknya sepuluh dan sebaiknya lebih. Tetap dalam pola pikir pembaca Anda sampai Anda merasa telah mengajukan setiap pertanyaan besar yang menyangkut mereka.



4. Mundur selangkah

Singkirkan tumpukan pertanyaan Anda selama beberapa jam, semalaman jika memungkinkan. Jangan secara sadar memikirkannya; jalani saja harimu seperti biasa. Berikan waktu bawah sadar Anda untuk memprosesnya tanpa ada dorongan lebih lanjut dari Anda. Jika pertanyaan baru muncul dalam pikiran, catatlah di suatu tempat yang aman dan kemudian lupakan untuk menjalani seperti sebelumnya.



5. Tulis dengan pena

Saat Anda siap, duduklah dengan halaman pertanyaan Anda dan mulailah menjawabnya. Menulis jawaban Anda dengan tangan dapat memberi ide-ide yang mungkin terlewatkan jika Anda mengetiknya. Jangan mengedit diri sendiri pada tahap ini. Menggunakan Speech to Text atau perekam digital juga dapat membantu melewati editor internal.



Bayangkan seseorang duduk di depan Anda meminta nasihat. Jaga nada bicara Anda tetap alami dan percakapan dan tetap dengan format tanya jawab.



6. Edit dengan ringan

Percayai insting pertama Anda. Proof-baca dan perbaiki kesalahan yang jelas, tetapi jangan melakukan pengeditan besar sampai karya Anda memiliki waktu untuk "duduk" untuk sementara waktu. Sekali lagi, biarkanlah semalaman akan memberi Anda perspektif baru saat berikutnya Anda melihatnya, tetapi bahkan jika tenggat waktu  tidak memungkinkan.


Saat Anda dikejar waktu, menulis beberapa artikel sekaligus dapat membuat perubahan fokus yang cukup untuk membuat Anda "melupakan" artikel yang baru saja Anda tulis.



7. Poles

Artikel pendek sepertinya tidak memerlukan pengeditan besar jika Anda telah menulisnya seperti yang dijelaskan di sini. Semua akan mengalir dengan mudah, dengan memiliki Q & A (tanya-jawab) pada lembar terpisah membuatnya lebih mudah untuk memilih hanya yang Anda inginkan. Tugas Anda sekarang adalah menempatkannya dalam urutan dan memastikannya dapat dipahami dan pembaca diarahkan dengan lancar dari satu pertanyaan dan jawaban ke pertanyaan berikutnya.



8. Pengantar dan Penutup

Tulis paragraf pengantar singkat sebagai "penggoda" untuk artikel utama. Banyak direktori artikel sekarang menempatkan paragraf pertama dari setiap bagian ke dalam umpan RSS yang diambil oleh situs web lain, jadi Anda pasti ingin memastikan bahwa dua atau tiga kata kunci utama Anda muncul setidaknya sekali dalam paragraf pertama itu.



Tulis paragraf pendek lainnya untuk meringkas poin-poin utama artikel dan memberikan beberapa ide bagi pembaca untuk mengeksplorasi subjek lebih jauh. Jangan lupa, tentu saja  mencatumkan sumber referensi.


9 Publikasikan

Publikasikan artikel anda dan imbuhkan keterangan dengan gambar, video atau pelengkap lainnya yang dibutuhkan.

 

Semoga  9 Langkah Menulis Artikel Yang Unik diatas dapat membantu anda untuk menelurkan karya-karya yang unik dan bermanfaat bagi pembaca anda.