Cara Membuat Blog Dengan 3 Langkah Jitu

Cara Membuat Blog Dengan 3 Langkah Jitu

 

Ada banyak cara untuk membuat blog baik pribadi maupun yang lebih luas, yang paling mudah adalah menggunakan platform blog seperti Blogger.com atau WordPress.com. Dengan menggunakan ini, Anda langsung memiliki blog  tentang topik apa pun yang Anda inginkan dan bahkan menyesuaikannya agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Membuat Blog Dengan 3 Langkah Jitu

 

‘sampai batas tertentu’ artinya mengikuti aturan kebijakan dari platform penyedia layanan host blog tersebut. karena tidak ada blog yang dioperasikan dari situs web host blog yang benar-benar milik Anda, dan akibatnya Anda memiliki kontrol terbatas atas desain dan terkadang bahkan konten blog Anda. Itu karena baik tool yang diperlukan untuk mengelola blog, maupun file yang menyimpan konten Anda, tidak terdapat di situs web Anda. Inilah 3 Langkah Jitu sebagai cara membuat blog :
  1. Memilih Platform Blog
  2. Memilih Niche Blog
  3. Menulis Artikel Blog


1. Memilih platform blog

Cara membuat blog harus diawali dengan Memilih platform blogging mana yang akan digunakan. Langkah ini adalah salah satu keputusan terpenting yang dapat Anda buat sebagai seorang blogger. Platform yang tepat dapat membuat blogging menjadi mudah, dan platform yang salah dapat membuat blogging menjadi PR. Karena program yang Anda gunakan untuk membuat blog adalah bagian yang kuat dari pengalaman blogging Anda, ada baiknya meluangkan waktu untuk menemukan platform yang memberikan keseimbangan ideal antara antarmuka yang ramah pengguna dan blog Anda terlihat dan terasa unik. Menemukan platform yang tepat tidak selalu mudah, tetapi dengan sedikit riset, Anda akan segera menemukan platform blogging yang sempurna.

Platform yang fleksible dan bisa dioptimalkan nantinya di halaman pencarian google atau search engine lain, paling tidak memiliki kategori berikut :

  • Tampilan Blog
  • Halaman Postingan
  • Halaman Statis
  • Setting atau pengaturan blog
  • Data staistik Blog
  • Pengaturan Template Blog

Tampilan blog

Tampilan sebuah blog berperan untuk menarik pembaca, baik dari segi kemudahan maupun segi tampilan, Tampilan blog yang baik memiliki beberapa bagian :

  • Header (tempat Logo Brand dan Judul dan deskripsi blog – terletak diatas)
  • Menu (Bilah navigasi blog – setelah header)
  • Artikel posting
  • Widget (Gadget pendukung – Biasanya berada disisi kiri maupun kanan)
  • Footer (Tempat meletakkan Copywright)

Biasanya semua platform memiliki kategori diatas, namun tidak semuanya yang bisa diatur secara manual untuk tujuan optimasi SEO (search engine optimasi).

Halaman Postingan

Halaman ini tempat untuk menampilkan artikel blog, baik yang single post maupun multi postingan. Halaman ini harus mempunyai cakupan yang harus kita atur sendiri, yaitu :

  • Judul postingan
  • Breadcrumb
  • Metatag
  • Metadeskripsi
  • artikel body
  • permalink

Bila platform yang anda gunakan tidak memiliki kategori diatas maka sebaiknya anda harus mempertimbangkan kembali, karena anda tidak akan bisa memaksimalkan postingan anda di SERP atau halaman pencarian google.

Setting atau Pengaturan Blog

Area ini merupakan tool untuk mengatur blog, baik sisi internal maupun integarsi dengan luar (webmaster google, bing, Yandex dan lainya) serta Google analytic. Area ini merupakan salah satu area penting untuk mengoptimasi blog anda di peta persaingan halaman pencarian google.

Data statistik Blog

Area ini sebenarnya hanya pendukung yang terbatas, sebagai pemantauan kita secara umum berapa banyak pengguna atau pembaca yang mengunjungi blog anda. Karena google analytic atau tools lain seperti (ahref, MOZ, semrush, alexa) memilki data yang sangat lengkap berdasar keyword yang anda tergetkan.


Membuat blog itu mudah, dan jika Anda tahu cara membuat blog persis seperti yang Anda inginkan, maka Anda akan memiliki alat hebat yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan produk apa pun yang Anda inginkan, dan juga untuk melakukan penjualan langsung, baik produk atau iklan. Ada banyak cara di mana Anda dapat menggunakan blog Anda baik untuk mempromosikan produk atau untuk mendapatkan uang melalui iklan. Anda memiliki sedikit batasan saat mengoperasikan blog WordPress dari situs web Anda sendiri; yang harus Anda ketahui adalah bagaimana melakukannya.

Setelah Anda tahu cara membuat potensi di blog, Anda dapat memanfaatkan kekuatan blog untuk mencapai apa yang ingin dicapai dengan situs web Anda. Ada beberapa batasan dan imajinasi Anda akan menjadi aset utama Anda, jadi gunakanlah.

Tidak ada platform yang sempurna untuk semua orang, jadi alih-alih mencari platform “terbaik”, carilah platform terbaik untuk kriteria spesifik Anda.

2. Memilih niche blog

Penting untuk disadari bahwa pilihan niche Anda dapat memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keberhasilan atau kegagalan blog baru Anda.

Memutuskan tema bisa menjadi keputusan ujung tombak. Apa sebenarnya yang akan Anda tulis? Niche Anda harus menjadi topik populer yang diminati banyak orang.

Jika Anda akan membuat blog tentang diri Anda, maka Anda sebaiknya memiliki kehidupan yang sangat menarik, atau Anda akan kesulitan membuat pembaca Anda kembali keblog anda. Anda harus memilih topik yang akan membuatnya relatif mudah untuk menumbuhkan pembaca Anda dan membangun pengikut yang kuat.

Karena banyak blogger menulis tentang subjek favorit mereka, bukanlah ide yang buruk untuk memulai brainstorming dengan menuliskan daftar hobi, minat, dan bidang keahlian profesional Anda. Sekarang cobalah untuk menentukan tema yang dapat Anda targetkan dalam salah satu area tersebut.

Haruskah Anda membuat blog tentang mobil pada umumnya, atau mobil sport terbaru? Jika Anda memilih tema yang terlalu sempit, Anda mungkin kesulitan untuk membuat konten yang segar dan teratur. Dan jika Anda memilih topik yang terlalu umum, pembaca Anda mungkin akan dibingungkan oleh tumpukan postingan yang tampaknya tidak terkait.

Anda dapat mempertimbangkan niche dalam area topik umum berikut yang populer untuk blogging:

• Mobil

• Komputer & Teknologi Informasi

• Kamera digital

• Gadget

• Musik

• Berita

• Fotografi

• Politik

• Belanja

Terkadang Anda bisa mendapatkan ide niche yang bagus dengan menjelajahi direktori Blog dan situs seperti Google Blog Search: http://blogsearch.google.com

Karena sangat memakan waktu untuk mencoba menemukan ide niche yang ‘sempurna’, banyak blogger dan webmaster telah beralih ke alat penemuan niche khusus. Saya sangat merekomendasikan Online Gold Finder dan NicheTopics.

Dengan Online Gold Finder Anda dapat menemukan pasar online yang menguntungkan dan belum ditemukan hanya dengan beberapa klik. Baca lebih lanjut tentang Pencari Emas Online di: http://www.moneyforblogging.com/goldfinder.htm

NicheTopics cukup berguna dengan cara yang berbeda. Anda dapat menggunakan beberapa penelitian hebat yang telah diselesaikan oleh seorang ahli. Ini adalah laporan siap pakai tentang 109 ceruk unik yang belum dimanfaatkan. Baca lebih lanjut tentang NicheTopics: http://www.moneyforblogging.com/nichetopics.htm

Jangan lupa, akan sangat sulit untuk mengubah tema dan niche blog Anda nantinya. Jadi, investasikan waktu dengan bijak selama tahap perencanaan Anda.

Anda akan memulai awal yang kuat dalam membangun blog yang sukses.

3. Menulis Artikel Blog

Masih bertanya-tanya bagaimana cara memulai menulis artikel? Cara terbaik adalah dengan mulai menulis dan lihat ke mana arah Anda akan dibawa. Setiap orang mulai dari editor hingga webmaster selalu membutuhkan konten untuk publikasi dan situs web mereka, jadi tidak ada kekurangan di pasar penulisan. Selalu jaga semangat dan ekspektasi Anda dalam menulis dan jangan berharap menjadi kaya dalam semalam. Seperti bidang karir apa pun, akan membutuhkan waktu untuk membangun dan pengalaman adalah suatu keharusan. Semakin banyak Anda menulis, semakin banyak Anda akan mendapatkan kesempatan yang potensial.

Ahli dibidangnya

Pernahkah anda bertanya-tanya, seberapa banyak orang yang menulis dengan tema atau niche yang sama dengan yang anda tulis? ratusan, ribuan bahkan lebih. Lalu dimana letak keunggulan tulisan anda?

Bila anda bukanlah ahli dibidang yang anda tulis maka orang lain yang akan melakukakannya, dan tentu saja mereka akan lebih unggul. Maka pilihlah tulisan yang benar-benar anda kuasai, bahkan ahlinya, atau setidaknya patient anda ada pada tema tersebut. Karena dengan patient tersebut yang membuat anda bersemangat untuk mengembangkan tulisan tersebut dari a samapai z, bukan yang hanya ala kadarnya.

Fokus pada niche

fokus juga merupakan hal terpenting. Salah satu keluhan paling umum sehubungan dengan artikel yang ditulis adalah bahwa artikel tersebut tidak tepat sasaran. Sebuah tulisan bertele-tele dari topik yang ada, tidak relevan dan tidak sesuai. Penulisan artikel yang tepat menuntut penulis tetap fokus dan benar-benar tetap pada topik setiap saat.

Tekhnik Penulisan artikel

Ingat ya, menulislah untuk pembaca blog anda bukan untuk mesin pencari, karena walaupun artikel anda baik dimata mesin pencarian tetapi tidak berguna untuk pembaca maka, pengguna anda tidak akan kembali lagi keblog anda karena apa yang anda tulis tidak membawa manfaat bagi mereka, dan secara otomatis hal tersebut berpengaruh pada ranking blog anda secara tidak langsung, maka tulis artikel yang unik yang tidak pernah ada sebelumnya.

Setelah prinsip cara membuat blog diatas kita pegang makaa kita juga perlu untuk mengoptimasi artikel kita di rangking SERP atau peringkat hasil pencarian google.

Judul blog dan Meta Title

Judul ini adalah “Produk” pertama yang akan anda tawarkan pada pengunjung, Judul blog ini ditujukan untuk pembaca anda sedangkan Meta title mengarah pada search engine. Mendramatisir adalah pilihan yang terbaik untuk optimasi judul posting baik bagi pembaca maupun search engine. Menyelipan Kata kunci yang anda targetkan adalah syarat untuk optimasi rangking di halaman pencarian.

Meta Deskripsi

Meta deskripsi adalah deskripsi singkat yang ditampilkan pada hasil halaman pencarian search engine. Untuk meningkatkan rangking postingan, maka bagian ini juga perlu dioptimasi, buatlah deskripsi tidak lebih dari 150 karakter dan meletakkan kata kunci didalamnya.

Image dan Alt Text

Image adalah kelengkapan yang bisa dikatakan wajib untuk sebuah artikel, jika dibandingkan artikel tanpa gambar, maka kita wajib optimasi gambar untuk SEO. Sedangkan Alt text adalah deskripsi gambar yang akan dibaca oleh mesin pencari, maka meletakkan kata kunci didalam alt text sangat diperlukan.

Link Tautan

Link tautan terdapat dua jenis, Outbound link dan Inbound link, outbound link adalah link yang mengarah ke web atau blog lain sedangkan Inbound link adalah tautan yang menuju artikel lain didalam blog kita. dua jenis link ini adalah syarat yang harus kita penuhi untuk mengoptimasi artikel yang kita tulis. Buatlah link dengan keyword sebagai anchor text. Satu lagi jenis yang akan meningkatkan rangking blog kita ialah Backlink yang berkualitas, jenis link ini adalah link dari blog lain yang menuju blog atau artikel yang anda buat.

Permalink

Permalink ini adalah alamat URL untu blog kita. sebagai contoh alamat url blog anda “www.namablog.com” sedangkan ketika membuat artikel dengan judul Tipe Mobil Yang Paling Laku di2021 adalah ” www.namablog.com / Tipe-mobil-yang-paling-laku-di2021″