Memahami Search Intent Dan Cara Mengoptimasinya

Memahami Search Intent Dan Cara Mengoptimasinya

Search Intent adalah tentang memahami apa yang orang coba capai lewat digital. Artikel ini menjelaskan berbagai jenis maksud dan cara menggunakannya dalam strategi SEO Anda.


Search intent, terkadang disebut niat pengguna, adalah tentang memahami apa yang ingin dicapai orang dengan mengetikkan keyword dimesin pencarian.


Ada 4 jenis utama search intent, dan 1 jenis baru untuk bisnis lokal:

  1. Informational : Pengguna ingin mencari jawaban atas pertanyaan. Contoh: bagaimana cara format laptop.
  2. Navigational : Pengguna mencari situs web tertentu dan tidak tahu URL-nya (atau, lebih mungkin, saya tidak ingin mengetikkan URL-nya). Contoh: amazon
  3. Commercial : Pengguna ingin membeli sesuatu, tetapi membutuhkan lebih banyak informasi terlebih dahulu. Contoh: laptop toshiba terbaik
  4. Transactional : Pengguna siap membeli sesuatu secara online. Contoh: beli laptop toshiba murah
  5. local intent : Jenis ini terbilang baru. Pencarian apa pun yang memiliki maksud untuk menemukan lokasi terdekat. Sering dilakukan di perangkat seluler


Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan detail maksud penelusuran, dan cara mengoptimalkan konten untuk maksud tersebut.


Apa itu Search Intent?

Bukalah Google Search Console atau tool riset keyword apa pun, dan Anda akan melihat daftar panjang kueri. Search Intent diartikan sebagai Maksud pencarian, adalah tentang makna dan tujuan di balik kata kunci tersebut: apa yang orang-orang itu cari?


Tujuannya adalah untuk mengetahui mengapa pengguna mencari keyword itu? Search intent berbeda dalam berbagai tahap funnel konversi  dan memahaminya membantu Anda melihat seberapa dekat pencari untuk berkonversi.


Mengapa search intent itu penting

SEO menjadi jauh lebih mudah jika Anda memahami pertanyaan sebenarnya di balik keyword. Memahami kebutuhan informasi pengunjung Anda dapat membantu membuat konten yang lebih baik yang menjawab pertanyaan dan memberi informasi yang mereka butuhkan, dalam format yang sesuai untuk mereka.


Google sangat peduli dengan search intent. Itu tujuan mereka untuk menempatkan jawaban terbaik untuk permintaan pencarian di bagian atas SERP - atau bahkan menjawab pertanyaan langsung di SERP.


Google hanya akan menampilkan halaman Anda di SERP jika menurutnya halaman Anda cocok dengan search intent pengguna. Singkatnya, Anda tidak dapat membuat konten yang sukses tanpa memahami maksud pencarian di balik kata kunci yang Anda optimalkan.


Pedoman penilai Kualitas Google

Google mempunyai tim penilai kualitas, yaitu orang-orang seperti Anda dan saya yang melakukan penelusuran dan kemudian membantu Google memahami apakah hasilnya masuk akal bagi mereka. Mereka dipandu oleh Pedoman Penilai Kualitas , dokumen berharga untuk setiap SEO. Pedoman ini membantu Anda memahami apa yang dianggap penting oleh Google.


Pedoman berbicara dengan sangat rinci tentang niat pengguna. Meskipun mereka menggunakan klasifikasi yang sedikit berbeda (Kueri Tahu, Kueri Lakukan, Kueri situs web, atau Kueri kunjungan langsung), klasifikasi ini menyoroti pentingnya atribut Google ke maksud penelusuran. Mereka menjelaskan bagaimana maksud pengguna dapat bergantung pada lokasi, waktu, dan perangkat yang digunakan orang.


Salah satu contohnya adalah penelusuran supermarket di perangkat seluler kemungkinan akan dilakukan oleh seseorang yang mencari supermarket terdekat. Kueri yang sama di komputer desktop mungkin berarti seseorang ingin memesan bahan makanan secara online.


Informational Intent

Informational Intent atau Maksud informasi adalah tentang mendapatkan fakta. Kueri yang dimulai dengan kapan, di mana, seberapa sering memiliki maksud informasi. Tetapi ada banyak pertanyaan yang lebih pendek dan mungkin tidak dirumuskan sebagai pertanyaan. Ini masih dapat memiliki maksud informasi.


Orang-orang bermaksud kapan musim hujan dimulai , tetapi suka menyingkatnya menjadi lebih pendek dan ketik saja mulai musim hujan .


Contoh lain dari informational intent adalah:

  • cuaca di Jakarta
  • tanggal liga champion
  • siapa Jokowi
  • Informational Intent dan SERP


Google mencoba mencocokkan SERP (Search Engine Result Page) dengan maksud pencarian. Kueri informasi sering menyertakan cuplikan pilihan yang langsung menjawab pertanyaan.


Permintaan seperti "usia Jokowi" adalah contoh yang baik dari maksud informasi. Sangat jelas apa yang ingin diketahui pengguna, dan ini tercermin dalam SERP. Alih-alih menautkan ke Wikipedia, Google menunjukkan hasilnya langsung di SERP.


Serp untuk usia jokowi



Bahkan mungkin menampilkan hasilnya langsung di bilah alamat:

Jawaban langsung di bilang pencarian google


Cuplikan unggulan dan kartu pengetahuan sering kali muncul untuk kueri informasi, serta kotak Tanya Orang , yang menampilkan penelusuran terkait.


Cara memenuhi Informational Intent

Untuk mengoptimasi artikel dengan memenuhi apa yang dibutuhkan dari informational Intent, ada beberapa cara


Pilih format yang tepat

Posting blog, tutorial, atau artikel petunjuk adalah cara yang bagus untuk memuaskan maksud pencarian.


Berikan jawabannya dengan cepat

Orang-orang mencari jawaban faktual untuk sebuah pertanyaan, dan tugas Anda adalah memberi mereka itu - yaitu jika Anda ingin memberi peringkat untuk pertanyaan itu. Jangan sembunyikan jawabannya di bawah pengantar yang panjang dan kisah pribadi, tetapi ringkas dan faktual.


Artikel ini adalah contoh yang baik. Saya mencoba membantu orang yang mencari maksud pencarian, dan pencarian yang terkait dengan itu. Untuk membantu orang menemukan jawabannya dengan cepat, kita mulai dengan penjelasan singkat tentang maksud pencarian dan deskripsi masing-masing dari empat jenis. Baru setelah itu kami memberikan informasi lebih detail.


Optimalkan metadata

Muncul di Google adalah satu hal, membuat orang mengklik adalah hal lain. Dengan maksud informasi, ada risiko besar bahwa orang sudah melihat jawaban atas pertanyaan mereka di cuplikan unggulan, atau dalam deskripsi meta . Caranya adalah dengan memberikan jawabannya, sekaligus membuat pengguna mengklik dan membaca lebih lanjut. Buat pencari penasaran untuk informasi lebih lanjut.


Gunakan Answer The Public

Answer The Public adalah tool untuk menemukan pertanyaan terkait. Ini dapat membantu Anda menemukan pertanyaan yang terkait erat, atau pertanyaan yang sama dirumuskan dengan sedikit berbeda. Menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut di konten Anda membantu untuk lebih mencocokkan maksud pencarian informasional dari pengguna ini.


Gunakan orang Juga bertanya

Bagian Orang Juga Bertanya memberi Anda informasi berharga tentang apa yang dicari orang. Bila anda ingin menggunakan pihak ketiga, AlsoAsked.com membantu Anda menemukan lebih banyak pertanyaan ojb dengan cepat. Merupakan ide bagus untuk membahas pertanyaan relevan lainnya di artikel Anda juga.



Navigational Intent

Permintaan pencarian dengan navigational Intent atau maksud navigasi berasal dari pencari yang tahu apa yang dia inginkan.


Karena bilah alamat browser Anda juga merupakan bilah pencarian, Anda akan sering melihat banyak pencarian dengan tujuan navigasi. Ini terutama benar jika Anda memiliki nama merek yang kuat. Orang hanya akan mengetikkan nama merek alih-alih domain lengkap.


Beberapa contoh kueri dengan maksud navigasi meliputi:

  • Indonesia
  • validator HTML
  • kontak guru situs
  • gmail


Mengoptimalkan untuk maksud navigasi

Kunci peringkat untuk maksud navigasi adalah peringkat untuk nama merek Anda sendiri. Itu biasanya cukup mudah kecuali Anda memiliki nama merek yang sangat umum.


Sebaiknya analisis kueri penelusuran bermerek Anda. Orang mungkin mencari halaman tertentu, seperti halaman login Anda, atau lokasi toko. Pastikan halaman yang diberi peringkat untuk kata kunci tersebut adalah halaman yang dicari orang.


SERP dan navigational intent

Tidak seperti niat transaksional atau informasional, biasanya SERP lebih sedikit untuk maksud navigasi. Google tahu ke mana Anda ingin pergi, dan hanya akan mengarahkan Anda ke sana. Seringkali, SERP untuk maksud navigasi terlihat seperti SERP dari 10 tahun lalu: hanya 10 tautan biru.


Commercial Intent

Ketika pengguna ingin membeli laptop, namun tidak tahu yang mana. Mereka mulai mencari istilah seperti:

  • Laptop terbaik
  • Laptip terbaik di bawah 10juta
  • Toshiba vs hp
  • ulasan laptop toshiba


Ini adalah contoh maksud pencarian komersial : orang ingin membeli produk dan mencari informasi untuk mengetahui mana yang terbaik untuk mereka.


Kueri niat komersial sering menyertakan kata-kata seperti terbaik, termurah, atau ulasan


Dari perspektif SEO, niat komersial sangat berharga. Ini adalah pencari yang merasa uang mereka terbakar di saku mereka dan ingin membeli sesuatu. Jika Anda bisa membawa mereka ke situs Anda untuk menjelaskan manfaat produk Anda, ada kemungkinan besar mereka akan melakukan pembelian.


SERP dan commercial intent

Mengingat potensi nilai pencarian komersial yang tinggi, Anda akan sering melihat banyak persaingan dari iklan produk di SERP. Anda juga mungkin akan melihat dua jenis situs dengan peringkat tinggi:

  • Pengulas independen
  • Pengecer online yang menjual berbagai merek, yang memberikan perbandingan yang baik dan objektif


Google tampaknya menyukai situs independen, dan untuk alasan yang bagus: situs ini dapat lebih memuaskan niat pencarian orang yang tidak yakin apa yang harus dibeli, dibandingkan dengan situs web produsen produk.


SERP niat komersial



Mengoptimalkan untuk tujuan komersial

Trik untuk mengoptimalkan tujuan komersial adalah dengan melihat di luar situs Anda sendiri. Kami tahu bahwa peninjau independen memiliki peluang peringkat yang jauh lebih baik untuk kueri dengan maksud komersial. Jika Anda mencoba menampilkan produk atau layanan Anda untuk tujuan komersial, mengapa tidak menampilkannya di halaman pengulas independen? Dapatkan produk Anda ditinjau, dan orang-orang akan menemukan Anda di tahap berikutnya: niat transaksional.


Transactional Intent

Transactional Intent diartikan sebagai Niat transaksional, adalah tempat uang berada: orang telah memutuskan ingin membeli produk dan siap membelanjakan uang mereka.


Contoh niat transaksional meliputi:

  • iphone
  • Laptop toshiba
  • membeli genteng mutiara


Penelusuran ini menyertakan nama merek dan mungkin menyertakan beli atau beli secara online .


SERP dan transactional intent

Terlebih lagi untuk tujuan komersial, SERP didominasi oleh iklan belanja.


SERP dan niat transaksional


Google akan sering menempatkan pengecer online terkenal atau situs web resmi pabrikan di bagian atas. Selain itu, Anda akan melihat banyak informasi terkait produk, seperti harga, ulasan, dan ketersediaan.



Mengoptimalkan niat transaksional

Agar data produk Anda muncul di SERP, pastikan untuk menyertakan data terstruktur terkait produk dan penawaran di halaman produk Anda .


Selain itu, siapkan akun Google Merchant dan tambahkan feed produk Anda. Ini membantu Google lebih memahami produk Anda, dan membantu memperbarui data produk Anda. Meskipun sebagian besar digunakan untuk iklan, data dari feed produk Anda juga dapat ditampilkan secara gratis.


Local Intent

Karena lebih dari 50% pencarian Google berasal dari ponsel, lokasi telah menjadi tujuan pencarian yang penting. Beberapa contoh dari apa yang disebut penelusuran di dekat saya ini:


Supermarket ( perhatikan bahwa niat ini hanya bersifat lokal di perangkat seluler. Di desktop, ini akan bersifat transaksional, seseorang membeli bahan makanan secara online)

  • POM bensin
  • Mcd disekitar Saya
  • SERP untuk niat lokal


Tidak mengherankan, pencarian dengan maksud lokal sering kali menyertakan paket peta, menunjukkan beberapa lokasi yang memenuhi permintaan pencari.


Berikut ini contoh kueri untuk McD:


SERP lokal




Optimalkan untuk local Intent

Ada beberapa cara untuk mengoptimalkan maksud pencarian lokal:


Pastikan situs Anda berfungsi di seluler

Oke, situs Anda harus tetap berfungsi di seluler. Namun saat mencoba memberi peringkat untuk penelusuran lokal, ini bahkan lebih penting, karena sebagian besar penelusuran dengan maksud lokal dilakukan di perangkat seluler


Optimalkan Profil Google Bisnis Anda

Google Profil Bisnis (sebelumnya Google Bisnisku) membantu Anda menempatkan lokasi Anda di peta, termasuk jam buka, foto, layanan yang ditawarkan, dan banyak lagi. Ini digunakan oleh Google saat menampilkan hasil untuk pencarian lokal.


Gunakan Data Terstruktur Bisnis Lokal

Di situs web Anda, pastikan Anda menyertakan Data Terstruktur untuk lokasi Anda . Ini membantu Google memahami tempat Anda berada, sehingga mereka dapat menampilkan situs Anda untuk penelusuran lokal.



Seberapa baik search intent konten situs Anda?

Bagaimana Anda tahu jika halaman Anda memenuhi maksud pencari? Itu pertanyaan penting karena jika tidak, peringkat halaman Anda pada akhirnya akan turun. Google bertujuan untuk memberikan hasil yang sangat cocok dengan maksud pencarian, dan jika situs web Anda tidak melakukannya, itu pasti akan diungguli.


Dengan menggabungkan data dari Google Search Console dan Google Analytics , kami dapat memperoleh lebih banyak wawasan tentang bagaimana kami memenuhi maksud pencarian.


Google Analytics

Di Google Analytics, buka Perilaku > Konten Situs > Laman landas

Pilih segmen Lalu Lintas Organik

Pilih jangka waktu yang cukup lama untuk mendapatkan data yang berarti, misalnya 3 bulan

Cari halaman yang berkinerja buruk dalam hal bounce rate dan waktu di situs. Ini kemungkinan adalah pengunjung yang menemukan halaman Anda di Google, tetapi segera pergi setelah masuk. Itu berarti mereka tidak menemukan apa yang mereka cari.



Google Search Console

Selanjutnya, kita perlu pergi ke Google Search Console untuk mencari tahu istilah apa yang diperingkat halaman ini.


Buka tab kinerja

Filter menurut URL untuk melihat kata kunci untuk URL tersebut

Performa GSC untuk pengalihan karakter pengganti



Bagaimana Google tahu jika maksud pencarian terpenuhi?

Google tidak memiliki akses ke data Google Analytics Anda (secara teori, itu bisa memiliki akses, mereka tidak menggunakan data tersebut untuk pemeringkatan). Jadi tanpa mengetahui bounce rate dan waktu di situs, atau statistik perilaku pengguna lainnya, bagaimana cara mengetahui apakah situs Anda cocok dengan maksud pencarian?


Seringkali, waktu tunggu singkat karena ketidakcocokan dalam search intent. Situs dengan waktu tinggal yang sangat singkat untuk kueri tertentu mungkin tidak akan mendapat peringkat yang baik.


Kesimpulan

Search intent adalah tentang pertanyaan sebenarnya di balik permintaan pencarian. Memahami maksud pencarian pengunjung Anda sangat penting sebagai SEO. Ini membantu Anda membuat jenis konten yang tepat untuk kata kunci penting, yang sangat membantu pengguna. Tanpa itu, jangan berharap peningkatan peringkat.


Search intent dapat dikategorikan sebagai informasi, navigasi, komersial, transaksional, atau lokal.